Kamis, 25 Oktober 2012

Propolis dalam riset


Berdasarkan riset di luar maupun dalam negeri, propolis memang terbukti ampuh melawan beberapa penyakit berat. Dr dr Eko Budi Koendhori Mkes, dari Departemen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR), misalnya, membuktikan lem lebah itu membantu menekan kerusakan jaringan paru pada mencit yang diinfeksi Mycobacterium tuberculosis – bakteri penyebab penyakit tuberculosis (TBC).

Dari 100 mencit yang diinfeksi M. tuberculosis, tikus yang diberi kombinasi Isoniasid – obat antituberculosis – 25 mg/kg bobot badan dan propolis menunjukkan peningkatan kadar interferon ? . Interferon ? berperan mengaktifkan sel makrofag yang membunuh bakteri TBC. Mencit yang hanya diberi Isoniasid mengalami peningkatan kerusakan paru dari minggu ke-5 hingga ke-12. Sementara kondisi paru mencit yang diberi Isoniasid dan propolis dosis 800 mg pada minggu ke-12 sama seperti pada minggu ke-5.

Propolis berperan meningkatkan kekebalan penderita sehingga kerusakan jaringan dapat ditekan. Obat standar bekerja secara langsung menyerang bakteri TBC. Nah, kombinasi obat dan propolis mematikan bakteri TBC sekaligus mengurangi kerusakan paru-paru akibat serangan bakteri. ‘Propolis sangat bagus untuk meningkatkan sistem imun. Selain itu saya duga memiliki kemampuan antikanker,’ tutur Eko.

Fakultas Biologi UGM
Seiring dengan tren pemanfaatan propolis, para periset menguji ilmiah lem lebah itu. Dra Mulyati Sarto MSi, peneliti di Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada, membuktikan bahwa propolis sangat aman dikonsumsi. Dalam uji praklinis, Mulyati membuktikan LD50 propolis mencapai lebih dari 10.000 mg. LD50 adalah lethal dosage alias dosis yang mematikan separuh hewan percobaan.
Jika dikonversi, dosis itu setara 7 ons sekali konsumsi untuk manusia berbobot 70 kg. Faktanya, dosis konsumsi propolis di masyarakat amat rendah, hanya 1 – 2 tetes dalam segelas air minum. Dosis penggunaan lain pun hanya 1 sendok makan dilarutkan dalam 50 ml air.
‘Tingkat toksisitas propolis sangat rendah, jika tak boleh dibilang tidak toksik,’ kata Mulyati. Bagaimana efek konsumsi dalam jangka panjang? Master Biologi alumnus Universitas Gadjah Mada itu juga menguji toksisitas subkronik. Hasilnya konsumsi propolis dalam jangka panjang tak menimbulkan kerusakan pada darah, organ hati, dan ginjal. Dua uji ilmiah itu – toksisitas akut dan toksisitas subkronik – membuktikan bahan suplemen purba itu sangat aman dikonsumsi.

Fak. Kedokteran UGM
Prof Dr Mustofa MKes, peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, meriset propolis secara in vitro sebagai antikanker. Sang guru besar menggunakan sel HeLa dan Siha – keduanya sel kanker serviks – serta T47D dan MCF7 (sel kanker payudara).

Selain itu ia juga menguji in vivo pada mencit yang diinduksi 20 mg dimethilbenz(a)anthracene (DMBA), senyawa karsinogenik pemicu sel kanker. Frekuensi pemberian 2 kali sepekan selama 5 minggu. Hasil riset menunjukkan propolis mempunyai efek sitotoksik pada sel kanker. Nilai IC50 pada uji in vitro mencapai 20 – 41 ?g/ml. IC50 adalah inhibition consentration alias konsentrasi penghambatan propolis terhadap sel kanker.

Untuk menghambat separuh sel uji coba, hanya perlu 20 – 41 ?g/ml. Angka itu setara 0,02 – 0,041 ppm. Bandingkan dengan tokoferol yang paling top sebagai antioksidan. Nilai IC50 tokoferol cuma 4 – 8 ppm. Artinya ntuk menghambat radikal bebas dengan propolis perlu lebih sedikit dosis ketimbang tokoferol. Dengan kata lain nilai antioksidan propolis jauh lebih besar daripada tokoferol.

Pada uji in vivo, propolis berefek antiproliferasi. Proliferasi adalah pertumbuhan sel kanker yang tak terkendali sehingga berhasil membentuk kelompok. Dari kelompok itu muncul sel yang lepas dari induknya dan hidup mandiri dengan ‘merantau’ ke jaringan lain. Antiproliferasi berarti propolis mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

‘Terjadi penurunan volume dan jumlah nodul kanker pada tikus yang diberi 0,3 ml dan 1,2 ml propolis,’ ujar dr Woro Rukmi Pratiwi MKes, SpPD, anggota tim riset. Dalam penelitian itu belum diketahui senyawa aktif dalam propolis yang bersifat antikanker. Namun, menurut dr Ivan Hoesada di Semarang, Jawa Tengah, senyawa yang bersifat antikanker adalah asam caffeat fenetil ester.

Minnesota University
Berdasar riset in vitro – di laboratorium – yang dilakukan para peneliti dari University of Minnesota, Minneapolis, Amerika Serikat, propolis berpotensi meningkatkan kekebalan tubuh para penderita HIV/AIDS. Tim peneliti menduga zat antiviral yang terkandung dalam propolis menghambat masuknya virus ke dalam CD4+ limfosit.

Propolis dosis 66,6 ?g/ml dalam kultur sel CD4+ – sel T dalam sistem kekebalan yang memiliki reseptor CD4 mampu menghambat ekspresi virus HIV maksimal 85%. Lazimnya pada penderita HIV/AIDS, virus mematikan itu menginfeksi sel bereseptor CD4 dan merusaknya. Makanya, jumlah sel ber-CD4 pada penderita HIV/AIDS turun jauh di bawah angka normal. Pada orang sehat, jumlahnya sekitar 500 – 1.500/mm3 darah.

Colombia Institute
Keaktifan sel kanker pada sel DNA manusia dapat dicegah sampai 50% dengan 5 mg Propolis. Jika ditingkatkan menjadi 10 mg dosis Propolis, maka pertumbuhan sel kanker dapat dicegah.

Uji kanker CAFE (Caffeid Acid Phenethyl Esther)
Comprehensive Cancer Center and
Institute of Cancer Research, Colombia, 1991

Propolis sebagai anti bakteri
Komposisi kimia dan aktivitas antibakteri propolis yang dikumpulkan oleh tiga ras yang berbeda dari lebah madu di daerah yang sama. (J Ethnopharmacol. 2005.)

Pada analisis kimia dan aktivitas antibakteri dari tiga jenis propolis yang dikumpulkan oleh tiga jenis dari lebah Apis mellifera yang berbeda di perlebahan yang sama diselidiki. Sampel propolis diselidiki dengan GC / MS, 48 senyawa yang diidentifikasi terdapat 32 senyawa baru untuk propolis. Senyawa yang diidentifikasi menunjukkan bahwa sumber tanaman utama propolis adalah Populus alba, Populus tremuloides dan Salix alba. Ekstrak etanol propolis sampel menunjukkan aktivitas antibakteri tinggi terhadap bakteri Gram-positif cocci (Staphylococcus aureus), tetapi memiliki aktivitas lemah terhadap bakteri Gram-negatif (Escherichia coli dan Pseudomonas aeruginosa) dan ragi (Candida albicans). Sampel propolis yang dikumpulkan oleh Apis mellifera caucasica menunjukkan bahwa aktivitas antibakteri lebih tinggi dari yang dikumpulkan oleh Apis mellifera dan Apis mellifera anatolica carnica.

Propolis sebagai Antijamur
Efek hambat ekstrak bee pollen dan propolis. (Nahrung. 2004)

Bee pollen dan propolis dikumpulkan dari Apis mellifera koloni di lima wilayah Turki. Sifat-sifat antijamur ekstrak metanol bee pollen dan propolis (konsentrasi 2% dan 5%) ditentukan pada Alternaria alternata dan Fusarium oxysporium f. sp. melonis. Konsentrasi paling aktif terhadap jamur yang diuji adalah konsentrasi 2% dari kedua ekstrak. Efek penghambatan semua ekstrak propolis lebah terhadap pertumbuhan F. oxysporium dan A. alternata umumnya lebih tinggi bila dibandingkan dengan ekstrak bee pollen. Pertumbuhan A. alternata dan F. oxysporium tidak terpengaruh pada kedua konsentrasi bee pollen. Namun, F. oxysporium terhadap ekstrak propolis lebih sensitif dibandingkan A. alternata. Tak satu pun dari ekstrak bee pollen diuji sepenuhnya menghambat pertumbuhan miselium jamur yang digunakan dalam percobaan kami. Persen penghambatan kedua konsentrasi bee pollen terhadap A. alternata dan F. oxysporium lebih rendah dari 50%. Disarankan bahwa konsentrasi tinggi dari ekstrak propolis dapat digunakan sebagai agen antijamur terhadap jamur yang diuji.



Propolis sebagai Antioksidan
Propolis lebah mengandung senyawa antioksidan, flavonoid seperti chrysin , dan penelitian hewan telah menunjukkan bahwa propolis memiliki sifat anti-tumor.
Perbandingan produk lebah berdasarkan tes kapasitas antioksidan (BMC Complement Altern Med. 2009)

Produk lebah termasuk propolis, royal jelly, dan bee pollen yang populer sebagai makanan kesehatan tradisional. Kami membandingkan efek antioksidan antara ekstrak air dan etanol dari propolis hijau Brasil, konstituen utamanya, royal jelly larut dalam air, dan ekstrak bee pollen menggunakan etanol. Berdasarkan alat tes ini, propolis adalah antioksidan yang paling kuat dari semua produk lebah diperiksa, dan efeknya mungkin sebagian disebabkan oleh berbagai asam caffeic di kandungnya. Bee pollen juga menunjukkan efek antioksidan kuat.

Aphthous Stomatitis
Aphthous stomatitis berulang adalah suatu kelainan, umum menyakitkan, dan kelainan ulcerative pada rongga mulut dengan etiologi yang tidak diketahui. Propolis kemungkinan efektif dalam mengurangi jumlah rekurensi dan meningkatkan kualitas hidup pada pasien.

Infeksi Telinga
Otitis media adalah peradangan pada telinga tengah (ruang di belakang gendang telinga). Kondisi yang berbeda dikategorikan di bawah otitis media jangka – termasuk infeksi karena sejumlah virus yang berbeda atau bakteri, atau adanya berbagai jenis cairan yang tidak terinfeksi. Adanya cairan telinga tengah dan kemerahan atau peradangan pada gendang telinga biasanya disebut sebagai otitis media akut, biasanya karena infeksi bakteri, dan biasanya diobati dengan antibiotik. Otitis media kronis berarti cairan telinga tengah (dengan atau tanpa infeksi) sudah lama. Cairan di telinga, tanpa tanda-tanda infeksi atau peradangan, biasanya disebut otitis media dengan efusi atau OM serius.
Pengobatan alami dengan propolis lebah.

Otitis media akut rekuren (rAOM) sering dijumpai pada bayi dan anak-anak dan tidak adanya pengobatan definitif telah menyebabkan orang tua dan dokter untuk mencoba terapi komplementer dan alternatif. Kami mengevaluasi khasiat dari propolis dan suspensi seng dalam mencegah AOM pada 122 anak usia 1-5 tahun dengan riwayat didokumentasikan rAOM, yang prospektif, blindly, acak 1:1 untuk menerima suspensi ditambah penghapusan faktor risiko lingkungan atau penghapusan faktor risiko lingkungan saja. AOM-dan pernapasan yang berhubungan dengan morbiditas dinilai pada awal penelitian dan setiap empat minggu. Dalam masa pengobatan 3-bulan AOM didiagnosis pada 31 (50%) anak-anak diberikan penangguhan propolis dan zinc dan di 43 (70%) kontrol. Rata-rata jumlah episode AOM per anak / bulan adalah 0,23 pada kelompok propolis dan zinc dan 0,34 dalam kontrol (pengurangan 32%). Pemberian propolis dan suspensi seng untuk anak-anak dengan riwayat rAOM secara signifikan dapat mengurangi risiko episode AOM baru dan AOM terkait perlakuan antibiotik, tanpa masalah dan aman atau tingkat toleransi tinggi, dan dengan tingkat kepuasan orangtua yang sangat baik. Tidak ada efek dapat diharapkan pada infeksi pernapasan lainnya daripada AOM. Int J Immunopathol Pharmacol. 2010 Apr-Juni. Efektivitas dari propolis dan solusi seng dalam mencegah otitis media akut pada anak dengan riwayat berulang otitis media akut. Departemen Ilmu Ibu dan Anak, Universitas Milan, Granda-Ospedale Fondazione IRCCS Ca ‘Maggiore Policlinico, Milan, Italia.

Genital Herpes
Sebuah pusat studi multi komparatif efektivitas propolis, asiklovir dan plasebo dalam pengobatan herpes genital (HSV).
Phytomedicine 2000.
Sembilan puluh pria dan wanita dengan HSV genital berulang tipe 2 berpartisipasi dalam penelitan tertutup, acak, single-blind, dikendalikan multi-pusat penelitian yang membandingkan kemanjuran salep propolis Kanada yang mengandung flavonoid alami dengan salep dari asiklovir dan plasebo pada kemampuan penyembuhan dan kapasitas untuk gejala pengobatan. Pengobatan dimulai pada fase melepuh. Semua peserta yang memiliki HSV tipe 2 terisolasi, dikonfirmasi oleh tingkat serum imunoglobulin. Para peserta diperiksa pada, hari ke-3-7 dan ke-10 pengobatan oleh para dokter ahli kandungan, dermatovenerologist atau urolog di tujuh pusat medis yang berbeda. Selain dari gejala klinis, jumlah dan ukuran lesi herpetik dicatat. Pada pemeriksaan setiap lesi digolongkan menjadi empat tahap: vesikuler, ulserasi, berkerak dan sembuh. Penelitian yang diterapkan dengan mengoleskannya pada daerah yang terkena sebanyak empat kali sehari. Pada wanita dengan lesi serviks vagina atau tampon dengan salep yang sesuai dimasukkan empat kali sehari selama 10 hari. Variabel Endpoint yang waktu penyembuhan dan waktu sampai hilangnya gejala. Pada hari 10, 24 dari 30 individu dalam kelompok propolis telah sembuh. Pada kelompok asiklovir 14 dari 30 dan pada kelompok plasebo 12 dari 30 sudah sembuh. Proses penyembuhan menjadi lebih cepat muncul pada kelompok propolis. Pada kelompok propolis 15 orang memiliki lesi berkerak pada Hari 3 dibandingkan dengan 8 individu dalam kelompok asiklovir dan tidak ada pada kelompok plasebo. Pada Hari 7, 10 peserta dalam kelompok propolis, 4 pada kelompok asiklovir dan 3 pada kelompok plasebo telah sembuh. Pada pemeriksaan awal semua pasien memiliki gejala lokal dan gejala umum 28%. Pada perempuan, 66% memiliki vagina superinfeksi mikroba patogen pada pemeriksaan awal. Dalam kelompok asiklovir dan plasebo tidak ada perubahan dalam flora vagina ditemukan pengobatan berikut sedangkan pada kelompok propolis kejadian superinfeksi berkurang sebesar 55%. Salep yang mengandung flavonoid tampaknya lebih efektif daripada salep baik asiklovir dan plasebo dalam penyembuhan lesi herpes genital, dan dalam mengurangi gejala lokal.

Infeksi Giardia
Penelitian propolis lebah ini dilakukan pada tikus. Apakah suplemen propolis menjadi juga efektif pada manusia?
Pengaruh propolis dibandingkan metronidazol dan penggunaan gabungan mereka dalam pengobatan eksperimental giardiasis akut.
J Egypt Soc Parasitol. 2007. Departemen Parasitologi, Fakultas Kedokteran, Ain-Syams University, Kairo, Mesir.
Seratus lima puluh tikus imunokompeten secara oral terinfeksi oleh 5 x 10(5) axenically dibudidayakan Giardia lamblia trophozoites. Hitungan trofozoit dalam usus, tingkat interferon-gamma serum, pemeriksaan histopatologi bagian duodenum dan jejunum dinilai untuk evaluasi propolis dan efek metronidazol (MTZ) setelah 6 dan 12 hari pasca infeksi. Propolis sebagai profilaksis menunjukkan penurunan signifikan dalam intensitas infeksi, bersama-sama dengan peningkatan yang signifikan dalam tingkat serum IF-gamma dan peningkatan T-sel rasio CD4+: CD8+. Dalam perawatan itu memberikan penurunan yang sangat signifikan pada jumlah trofozoit daripada yang diperoleh dengan metronidazol 6 hari setelah infeksi tetapi keberhasilan itu hampir sama setelah 12 hari. Tikus diobati dengan propolis sendiri menunjukkan jumlah T-limfosit rasio terbalik CD4+: CD8+, seperti efek meningkatkan kekebalan tubuh yang kuat menghasilkan peningkatan yang tidak diinginkan dalam respon inflamasi pada tingkat usus. Terapi kombinasi menunjukkan kemanjuran kuat dalam mengurangi jumlah parasit daripada diperoleh dari penggunaan masing-masing obat saja.

Encok
Aktivitas penghambatan Xanthine oxidase dan efek hypouricemia dari propolis pada tikus
Yakugaku Zasshi. 2005.
Pada aktivitas penghambatan xanthine oxidase (XOD) pada propolis dari China dan Brasil diukur. Kedua produk itu terlihat memiliki aktivitas penghambatan XOD. Hasil ini menunjukkan bahwa asupan terus menerus propolis mungkin efektif untuk pencegahan dan pengobatan asam urat dan hiperurisemia.

Hepatitis dan Kesehatan Hati
Efek propolis merah Kuba pada galactosamine disebabkan hepatitis pada tikus.
Pharmacol Res. 1997; Rodríguez S, Ancheta O, Ramos ME, Remírez D, E Rojas, González R. Laboratorium Mikroskop Elektron, Pusat Nasional untuk Penelitian Ilmiah di Havana, Kuba.
Menggunakan transmisi mikroskop elektron dan analisis biokimia, pengaruh propolis merah Kuba terhadap hepatitis disebabkan oleh 1.000 mg kg-1 dari galactosamine pada tikus telah dipelajari. Ekstrak etanol dari propolis disiapkan dan itu diberikan kepada tikus dengan dosis 10 mg, 50 dan 100 kg-1, 30 menit sebelum hepatotoxin tersebut. Ekstrak Propolis mencegah perubahan hepatosit disebabkan oleh galactosamine. Hal ini terutama terlihat pada retikulum endoplasma kasar, Golgi kompleks, inti dan membran plasma dari hepatosit. Ekstrak propolis mengakibatkan pengembalian disebabkan dari peningkatan aktivitas konsentrasi aminotransferase dan malondialdehid alanin dalam serum tikus yang diperlakukan  dengan galactosamine.

Peningkatan Immune
Efektivitas profilaksis pada propolis untuk imunostimulasi: pilot studi klinis
Forsch Komplementarmed 1999
Tujuan dari investigasi percontohan adalah untuk menunjukkan bukti efektivitas meningkatkan profilaksis kekebalan yang disebabkan oleh propolis. Respon imun ditentukan dengan pengukuran tingkat sitokin in vivo dan ex vivo (TNF-alfa, IL-6, IL-8). Tes sepuluh orang sehat berusia antara 18 dan 45 tahun menerima Propolis XNP. Probands menerima lebih dari 13 hari 500 mg Propolis XNP (2 kapsul) untuk aplikasi peroral di pagi hari. Meskipun tingkat sitokin plasma tidak secara signifikan berubah selama penelitian, propolis menyebabkan peningkatan yang signifikan dari kedua spontan (TNF-alfa, IL-6, IL-8, IL-1beta, tidak terdeteksi) dan LPS (lipopolysaccaride)-diinduksi (TNF-alfa, IL-6, IL-8; IL-1beta) kapasitas sekresi sitokin dalam jangka pendek pada kultur ex vivo dari perifer darah leukosit. Aplikasi profilaksis propolis tergantung waktu reaktivitas kekebalan yang ditingkatkan tanpa efek samping yang tidak diinginkan.

Perut Maag
Sitoproteksi oleh ekstrak propolis etanol dengan etanol absolut yang disebabkan lesi mukosa lambung akut.
Am J Med Chin. 2002.
Pemberian p.o. akut dari etanol absolut (1,0 ml/kg) pada tikus berpuasa diproduksi nekrosis mukosa lambung yang luas. Pretreatment dengan pemberian p.o. ekstrak propolis etanol dapat secara efektif dan ketergantungan dosis dalam mencegah nekrosis tersebut. Efek perlindungan ini disebut “sitoproteksi.” Pengaruh Cytoprotective maksimal terhadap etanol absolut (AE)-diinduksi lesi mukosa lambung diamati 1 jam setelah pemberian ekstrak propolis. Pemeriksaan kotor dari mukosa lambung menunjukkan peningkatan yang nyata dalam kelompok menerima PEE. Untuk menyelidiki lebih lanjut mekanisme perlindungan lambung dengan propolis, tingkat peroksidasi lipid (LPO) dalam in vivo dan in vitro diperkirakan. Propolis menunjukkan tergantung dosis aktivitas pengumpulan superoksida dan efek antioksidan pada AE-induced LPO dalam homogenat mukosa lambung tikus. Disimpulkan bahwa mekanisme pelindung lambung dari ekstrak etanol propolis adalah setidaknya sebagian karena, kemampuannya untuk menghambat LPO, dan karenanya secara tidak langsung melindungi mukosa lambung dari stres oksidatif.

Kutil di Kulit
Kutil adalah masalah umum yang mempengaruhi orang dewasa dan anak-anak. Beberapa pilihan pengobatan tersedia, tetapi tidak ada terapi tunggal yang efektif. Propolis dan Echinacea adalah imunomodulator yang relatif aman dengan sifat antivirus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kemanjuran Propolis dan Echinacea dalam mengobati berbagai jenis kutil. Dalam single-blind, acak, 3-bulan, 135 pasien dengan berbagai jenis kutil menerima Propolis secara oral, Echinacea, atau plasebo. Pada pasien dengan kutil datar dan umum diobati dengan propolis, penyembuhan dicapai pada 75% dan 73% pasien, masing-masing. Hasil ini signifikan lebih baik daripada yang terkait dengan pengobatan Echinacea atau plasebo. Kami menyimpulkan bahwa Propolis merupakan terapi imunomodulasi efektif dan aman untuk kutil datar dan umum. Int J Dermatol. 2009. Propolis sebagai pengobatan alternatif untuk kutil kulit. Zedan H, Hofny ER, Ismail SA. Departemen Fakultas Dermatology, Kelamin dan Andrologi, Kedokteran, Universitas Assiut, Assiut, Mesir.

Propolis lebah, peringatan, keamanan, risiko, efek samping, alergi
Propolis lebah jarang dapat menyebabkan dermatitis kontak dan reaksi alergi lainnya.